cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK)
ISSN : 1441089X     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan adalah media ilmiah yang independen bagi para Dosen dan Peneliti di bidang ilmu Akuntansi. Terbit tiga kali dalam setahun, pada bulan April, Agustus dan Desember. Mempublikasikan hasil-hasil penelitian terapan bidang akuntansi dalam arti luas. Pedoman bagi penulis dicantumkan pada halaman Author jurnal ini.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan" : 6 Documents clear
Pengaruh Tingkat Kecelakaan Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Djanegara, H. Moermahadi Soerja; Nuruzzaman, Muhammad
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh keselamatan kerja dalam menekan angka kecelakaan guna meningkatkan produktivitas karyawan. Dari hasil analisis dan perhitungan diperoleh hasil bahwa kecelakaan kerja mempunyai pengaruh yang negatif terhadap produktivitas kerja karyawan, dikarenakan dari perhitungan korelasi menunjukkan r = -0,96 atau 96% dan setelah dicocokkan ke dalam tabel interpretasi r nilai korelasi tersebut masuk kedalam golongan sangat kuat. Dengan adanya program keselamatan kerja, angka kecelakaan kerja yang terjadi pada perusahaan dapat ditekan, dan produksi meningkat. Dengan meningkatnya produksi, ini menunjukkan bahwa produktifitas kerja karyawan yang semakin tinggi atau meningkat. Keywords: Produktivitas Kerja; Keselamatan Kerja
Kajian Dampak Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan Muanwar, Aang; Purba, Jan Horas Veriyadi
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk menganalissi dampak dan pengaruh pandangannya terahdap jasa layanan yang diberikan oleh perusahaan terhadap kepuasan konsumen. Dari hasil penelitian dan analisa korelasi didapat hasil r = 0,443 yang bisa dikatakan terdapat hubungan positif dan signifikan antara pelayanan pelatihan dengan tingkat kepuasan peserta Y=29,67 + 0,38X yang dapat diartikan bila X bertambah 1, maka Y akan bertambah sebesar 0,38 kali, kemudian untuk mengetahui kontribusi dari pengaruh pelayanan pelatihan terhadap tingkat kepuasan peserta pelatihan, penulis menggunakan rumus Koefisien Determinasi (KD), dimana didapat KD = 0,197 yang berarti bahwa pelayanan pelatihan mempunyai pengaruh terhadap tingkat kepuasan peserta pelatihan sebesar 19,7%, dan sisanya sebesar 80,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kajian Motivasi Kerja dan Produktivitas Karyawan Morita, Morita; Harni, Budi
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran pemberian motivasi terhadap peningkatan produktifitas karyawan, setelah pemberian motivasi dilaksanakan oleh perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan manfaat dari pemberian motivasi yang dilaksanakan oleh PT. X secara langsung memberikan hasil yang sangat baik bagi peningkatan produktifitas tenaga kerja. Hal in dapat dibuktikan dengan perhitungan produktifitas kerja karyawan yang mengalami peningkatan dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2002 serta analisis efektivitas kerja karyawan
Dampak Pelatihan Kerja Terhadap Kualitas Kerja Karyawan Mubarak, Mumuh Mulyana; Syarif, Rini
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program pelatihan tenaga kerja yang telah dilaksanakan oleh PT. FIF Cabang Bgor, dan untuk mengetahui sampai sejauh mana pengaruh pelatihan tenaga kerja terhadap kualitas kerja karyawan khususnya bagian pemasaran. Dari hasil penelitian yang menggunakan instrumen angket dengan rumus koefsien korelasi Rank Spearman maka dapat diketahui bahwa pelatihan tenaga kerja mempunyai hubungan yang tinggi dengan tingkat kualitas kerja karyawan, hal ini ditunjukkan dengan besarnya r rank = 0,611 dan diketahui koefisien determinasi sebesar = 37,33% hal ini berarti derajat hubungan kedua variabel tersebut adalah sebesar 37,32% dan sisanya yang sebesar 62,67% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Dari penelitian juga dapat diambil kesimpulan bahwa pelatihan tenaga kerja mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat kualitas kerja karaywan khsusunya bagian pemasaran.
Formulasi Strategi Pelayanan terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada PT. Indomarco Adi Prima) Prihardianto, Wibowo
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dari hasil penelitian dan matrik IFAS perusahaan mendapat nilai skor 2.882 perusahan memiliki kekuatan yang tergologn sedang (rata-rata) dalam melakukan formulasi strategi pelayanannya. Sedangkan dari matrik EFAS perusahaan memperoleh nilai skor 2.663 angka ini menunjukkan bahwa respon yang diberikan oleh perusahaan kepada lingkungan eksternalnya tergolong sedang. Apabila masing-masing total nilai skor dipetakan dalam amtriks, maka posisi perusahaan saat ini adalah pada kotak kuadran ke V (lima) yang berarti posisi perusahaan dapat mengembangkan formulasi strategi yang telah ada hanya menambahkan beberapa hal yang menjadi kelemahan (weakness) perusahaan. Dalam analisis pengendalian persediaan barang, penulis menggunakan rumus EOQ (Economic Order Quantity), Safety Stock dan Reorder Point. Sebelum menggunakan rumus EOQ pemesanan dilakukan sebanyak 8 kali dalam satu periode dengan biaya pemesanan Rp. 3.030.000, setiap kali pesan seanyak 10.000 karton dengan harga per kartonnya Rp. 156.000. Dengan biaya penyimpanan yang dinyatakan dalam persentase (%) yaitu 0,01 atau 1%. Sedangkan setelah menggunakan rumus EOQ, pemesanan cukup dilakukan sebanyak 4 kali dalam satu periode dan setiap kali pesan sebanyak 17.629 karton. Berarti perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp. 1.888.378.760,-
Penetapan Harga Transfer dalam kaitannya dengan pengukuran kinerja Widayat, Utoyo
Jurnal Ilmiah Kesatuan (JIK) Vol 8, No 2 (2006): Jurnal Ilmiah Kesatuan
Publisher : STIE Kesatuan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian dalah untuk mengetahui metode harga transfer yang digunakan dan membandingkan dengan penggunaan metode harga transfer lainnya. di dalam melakukan transfer barang antar divisi dalam suatu perusahaan, maka harag yang ditetapkan harus menguntungkan antar divisi satu dengan divisi yang lain. Hal ini sesuai dengan tujuan penetapan harga transfer yaitu untuk mengukur laba divisinya yang melakukan transfer produk pada divisi lainnya dimana laba ini merupakan tolak ukur penilaian prestasi. penetapan harga transfer dihitung dengan biaya dan harga transfer berdasarkan harga pasar. PT mempunyai empat divisi yaitu bagian Komponen dan Perakitan, Bagian Dempul, Bagian Interior, dan Bagian Finishing. PT. X dalam memproduksi perakitan body mobil menghasilkan beberapa jenis body mobil dari berbagai type asal. Harga transfer dapat memberikan motivasi pada pusat-pusat pertanggungjawaban dan sekaligus memberikan motivasi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia di masing-masing divisi. Dengan penetapan harga transfer berdasarkan metode biaya maka laba yang diperoleh masing-masing divisi semakin besar, yakni Rp. 294.541.494 (bagian komponen dan divisi perakitan), laba bagian dempul sebesar Rp. 421.036.017, laba bagian interior sebesar Rp. 527.828.825, dan laba bagian finishing seebsar Rp. 3.096.781.575.

Page 1 of 1 | Total Record : 6